Welcome to Pengadilan Agama Ende   Click to listen highlighted text! Welcome to Pengadilan Agama Ende Powered By GSpeech
  • Direktori Putusan
    Masyarakat pencari keadilan dapat mendapatkan salinan putusan dengan cepat dan mudah dengan mengakses Direktori Putusan Mahkamah Agung RI satuan kerja Pengadilan Agama Ende.Selengkapnya
  • Selamat Datang
    Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Ende. Website ini merupakan website pengadilan yang sudah sesuai dengan Pedoman Rancangan dan Prinsip Aksesibilitas Website Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung. Selain itu website ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.Selengkapnya
  • TUTORIAL PENYELESAIAN GUGATAN EKONOMI SYARIAH
    Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhanaSelengkapnya
  • Sambutan Ketua
    Pengadilan Agama Ende berupaya memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada para pencari keadilan dengan meningkatkan kredibilitas dan transparansi Badan Peradilan guna menuju terwujudnya Peradilan yang Agung berdasarkan UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik jo. UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 1-144/KMA/SK/I/2011 tanggal 05 Januari 2011 tentang Keterbukaan Informasi Di Pengadilan serta Surat dari Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI No. 362/DJU/HM02.3/4/2015 tanggal 16 April 2015 perihal Standarisasi Website Pengadilan. Pengadilan Agama Ende telah memenuhi Standarisasi Website Pengadilan sesuai dengan Pedoman Rancangan dan Prinsip Aksesibilitas Website PengadilanSelengkapnya
  • POSBAKUM
    Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukumSelengkapnya

    

Pada hari rabu, 19 April 2017 telah dibuka secara resmi kegiatan Bedah Berkas/Eksaminasi Dan Diskusi Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) PTA Kupang Korwil II se-daratan Flores dan Sumba Barat yang bertempat di Hotel Safari Ende, kegitan ini diikuti oleh seluruh Pengadilan Agama yang tergabung dalam Koordinator Wilayah II Pengadilan Tinggi Agama Kupang, yaitu: PA Labuan Bajo, PA Ruteng, PA Bajawa, PA Ende, PA Maumere dan PA Larantuka, ditambah PA Waikabubak dari Sumba Barat.

 

Acara dimulai dengan pembukaan, dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua PTA Kupang YM. Drs. H. Haryono Sunaryo, SH., MH., dalam sambutan beliau menjelaskan bahwa bedah berkas bukanlah ajang untuk saling menyalahkan dan mencari kekurangan masing-masing dari berkas perkara Pengadilan Agama, akan tetapi merupakan sarana untuk saling bertukar informasi untuk perbaikan di masa yang akan datang, serta merupakan sarana untuk menambah wawasan para Hakim dan Panitera untuk mewujudkan kinerja yang lebih baik. Selain itu beliau juga menambahkan bahwa bedah berkas dilaksanakan sebagai fungsi kontrol terhadap kinerja aparat peradilan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan singkat atas perkara yang berkasnya menjadi objek eksaminasi, berturut-turut PA Ende (2 berkas) PA Maumere dan PA Waikabubak (masing-masing 1 berkas), selanjutnya masuk ke sesi temuan masing-masing peserta serta tanggapan dari PA yang berkas perkaranya dieksaminasi. Bertindak sebagai narasumber berturut-turut KPTA Kupang, Wakil PTA Kupang, Hakim Tinggi dan Panitera PTA Kupang.


Wakil Ketua PTA Kupang YM. Drs. H. Busri Harun, S.H., MH sebagai narasumber saat memberikan pengarahan menyampaikan bahwa banyak pelajaran yang dapat dipetik dari kegiatan bedah berkas.

“Melihat hasil bedah berkas serta tanggapan secara tertulis yang saya terima dari panitia pelaksana, ditambah dengan peran aktif seluruh peserta selama kegiatan berlangsung, merupakan suatu kebanggaan khususnya bagi pimpinan PTA Kupang karena seluruh peserta telah membuktikan bahwa aparat peradilan agama di wilayah PTA Kupang mempunyai kwalitas sumber daya yang diharapkan” jelas Busri Harun.

“Bapak-ibu semua semuanya kritis dan itu sangat bagus, temuan-temuannyapun dilengkapi dengan sumber dan aturan hukum bukan sekedar temuan tanpa dasar, namun alangkah lebih bagusnya lagi kalau semua itu diterapkan dalam pertimbangan putusan bapak-ibu hakim” lanjutnya sambil membagikan uraian tertulis dari narasumber atas permasalahan-permasalahan yang muncul dalam proses eksaminasi berkas.

Secara khusus Wakil Ketua PTA Kupang pada acara penutupan menyatakan bahwa skema yang diusung oleh Korwil II dalam acara bedah berkas ini sangat bagus.

“Skema ini perlu diterapkan oleh korwil lainnya (baca: Korwil I PTA Kupang) dalam kegiatan serupa”.

Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Mustajib, SHI Panitera PA Ende, dilanjutkan dengan makan bersama. Jaya Terus Hakim Indonesia! (IT PA Ende)

Pilih Bahasa

Sosial Media Kami

          

Pengunjung

371517
Hari Ini
Yesterday
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
860
982
6108
358572
14891
32390
371517

Your IP: 3.231.226.211
Server Time: 2019-11-15 20:57:52

We have 21 guests and no members online

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech