Welcome to Pengadilan Agama Ende   Click to listen highlighted text! Welcome to Pengadilan Agama Ende Powered By GSpeech
  • Direktori Putusan
    Masyarakat pencari keadilan dapat mendapatkan salinan putusan dengan cepat dan mudah dengan mengakses Direktori Putusan Mahkamah Agung RI satuan kerja Pengadilan Agama Ende.Selengkapnya
  • Selamat Datang
    Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Ende. Website ini merupakan website pengadilan yang sudah sesuai dengan Pedoman Rancangan dan Prinsip Aksesibilitas Website Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung. Selain itu website ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.
  • TUTORIAL PENYELESAIAN GUGATAN EKONOMI SYARIAH
    Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhanaSelengkapnya
  • Sambutan Ketua
    Pengadilan Agama Ende berupaya memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada para pencari keadilan dengan meningkatkan kredibilitas dan transparansi Badan Peradilan guna menuju terwujudnya Peradilan yang Agung dengan berdasarkan Undang Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik jo. Undang Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 1-144/KMA/SK/I/2011 tanggal 05 Januari 2011 tentang Keterbukaan Informasi Di Pengadilan serta Surat dari Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI No. 362/DJU/HM02.3/4/2015 tanggal 16 April 2015 perihal Standarisasi Website Pengadilan. Pengadilan Agama Ende telah memenuhi Standarisasi Website Pengadilan sesuai dengan Pedoman Rancangan dan Prinsip Aksesibilitas Website Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung.Selengkapnya
  • POSBAKUM
    Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukumSelengkapnya

    

Rabu, tanggal 15 Maret 2017 keluarga besar PA Ende mendapat kunjungan dari Ketua PTA Kupang, YM Drs. H. Haryono Sunaryo, SH., MH. Berdasarkan surat KPTA Kupang yang tunjukkan Sekretaris PA Ende kepada redaksi bahwa kunjungan KPTA Kupang kali ini mengagendakan dua hal pokok. Pertama melakukan pengawasan dan pembinaan rutin, kedua melihat secara langsung kesiapan Pengadilan Agama Ende menghadapi persiapan Sertifikasi untuk tahun 2017.

 

Hasil tapat Tim Evaluasi PTA Kupang yang disampaikan KPA Ende Ruslan, S.Ag., SH., MH. saat apel pagi beberapa waktu yang lalu, PA Ende terpilih sebagai salah satu nominator penerima sertifikasi (dulu ISO) mewakili PTA Kupang, disamping beberapa PA Lainnya di daratan Flores dan Timor.

 

Ditemui disela-sela pengawasan, Ali Amran (Kasubag. Umum dan Keuangan PTA Kupang) yang hadir mendampingi KPTA Kupang sebagai Anggota Tim Hatibinwasda menyatakan bahwa untuk pengawasan dan pembinaan di PA Ende ini akan memeriksa seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan PA Ende, meliputi administrasi perkara, administrasi persidangan, dan seluruh administrasi kepaniteraan lainnya. Hal sama juga dilakukan untuk seluruh administrasi bidang kesekretariatan.

“Karena agenda kunjungan selain pengawasan rutin juga penilaian terhadap kesiapan  PA Ende menghadapi penilaian Sertifikasi, maka selain administrasi perkara dan kesekretariatan Tim Hatibinwasda juga akan melakukan penilaian terhadap inovasi serta gebrakan-gebrakan yang dilakukan PA Ende” kata Ali.

Dalam pantauan redaksi, untuk kepaniteraan KPTA Kupang selain memeriksa berkas perkara putus tahun 2016 dan 2017, begitupun perkara 2016 dan 2016 yang masih berjalan, Tim Hatiwasda juga fokus memeriksa berkas-berkas serta prosedur eksekusi yang telah dilaksanakan 9 Maret 2017 minggu lalu. Hal itu dikarenakan eksekusi yang telah dilaksakan PA Ende tersebut memang sempat menyita perhatian khususnya menjelang hari H pelaksaan eksekusi, termasuk oleh PTA Kupang.

 

Ruang Laktasi dan Bermain Anak

Salah satu inovasi terbaru yang dilakukan PA Ende yakni penyediaan ruang khusus anak dan ruang menyusui (laktasi), juga menjadi perhatian KPTA Kupang dan Tim Hatiwasda. Sekretaris PA Ende menjelaskan bahwa ruang anak dan laktasi sebelumnya berfungsi sebagai ruang sidang disamping 2 ruang sidang lainnya. “Karena perkara tidak begitu banyak, dan ruangan ini jarang difungsikan sehingga dialih fungsikan menjadi ruang bermain anak dan laktasi bagi ibu (pihak) menyusui” demikian penjelasan Sekretaris PA Ende.

Sebagai ruang bermain untuk anak, maka dalam ruangan tersebut disediakan beberapa wahana permainan anak seperti kuda-kudaan karet, perosotan, dan lain-lain. Lantai yang empuk dan dinding yang dihias dengan beberapa animasi kartun, cukup membuat anak (yang dibawa pengunjung/pihak) menjadi betah.

Masih di ruangan yang sama tepat dibelakang ruang anak yang hanya dibatasi dinding tripleks dan tirai, juga terdapat ruang khusus untuk laktasi. Sebagaimana peruntukannya, maka ruang laksatasi tersebut disediakan meja dan kursi khusus ibu menyusui, serta beberapa striker petunjuk cara menyusui yang benar, pentingnya ASI esklusif untuk bayi, dan sebagainya. Poster-poster tersebut merupakan bantuan dari dinas kesehatan kabupaten Ende.

Ketersediaan ruang anak dan laktasi ditempat umum memang diperlukan, termasuk juga di kantor pengadilan yang merupakan tempat pelayanan publik. Hal ini dimaksudkan menjadi bagian dari excellent service sebagaimana dicanangkan Mahkamah Agung RI.

Masih menurut Ali Amran, Tim Hatiwasda PTA Kupang yang terdiri dari YM. Drs. H. Haryono Sunaryo, SH., MH. (KPTA Kupang) sebagai ketua Tim, Lalu Muhammad Taufik (Panitera PTA), Yunus Kapa, SHI (Panitera Pengganti PTA Kupang) dan Ali Amran sendiri, rencananya akan melakukan pengawasan di PA Ende selama 2 hari.

“Besok jika rampung akan dilakukan ekspose hasil pengawasan” Ali Amran menutup penjelasan sambil melanjutkan evaluasi (A2/Tim IT)

Pilih Bahasa

Sosial Media Kami

          

Pengunjung

005901
Hari Ini
Yesterday
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
313
372
5901
0
5901
0
5901

Your IP: 54.221.147.93
Server Time: 2018-12-16 14:09:30

We have 91 guests and no members online

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech