logo ok

on . Dilihat: 89

Ditjen Badilag Luncurkan Aplikasi PTSP Online dan Badilag Call Center di Tengah Merebaknya  COVID19

covid 1

 

Di tengah situasi yang tidak menentu yang disebabkan penyebaran Corona Virus Disease 19 (COVID19) yang semakin luas mengakibatkan pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran virus dengan meliburkan sekolah dan perkantoran, menutup pusat keramaian dan tempat ibadah, dan melarang dilaksanakannya kegiatan yang melibatkan banyak orang. Hal ini menyebabkan layanan pemerintahan, termasuk juga pengadilan menjadi terhambat.

Ditjen Badan Peradilan Agama berkomitmen kuat untuk melaksanakan arahan dan ketentuan dari pemerintah dan pimpinan Mahkamah Agung dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya di tengah pandemi virus corona ini, agar roda organisasi peradilan bisa tetap berjalan dan disaat bersamaan mengurangi resiko dan memastikan keselamatan masyarakat para pencari keadialan dan seluruh aparatur peradilan itu sendiri.   

Ditjen Badilag meluncurkan aplikasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) online dan Call Center. Inovasi ini untuk menjawab kebutuhan komunikasi antara Ditjen Badilag dan seluruh pengadilan agama dan pengadilan tinggi agama di Indonesia yang selama ini masih banyak menemukan kendala yang disebabkan jauhnya jarak dan lamanya waktu dalam kordinasi setiap program kerja, keperluan kepegawaian, dan kebijakan Ditjen Badilag MARI.

Dirjen Badilag, Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H. menyampaikan bahwa selama ini, seringkali pegawai-pegawai satuan kerja pengadilan di daerah harus datang langsung ke Badilag untuk berbagai macam urusan kedinasan, disamping membutuhkan waktu yang lama, hal itu juga memakan biaya yang cukup besar, PTSP online dan Call Center ini diluncurkan untuk mengurangi persoalan tersebut, diharapkan kebutuhan maupun pertanyaan satuan kerja di daerah bisa dipenuhi dan terjawab dengan baik. “ hal ini (red: harus datang ke jakarta) kan menjadi tidak efektif dan efisien, dengan adanya PTSP Online dan Badilag Call Center ini, semua urusan dan pertanyaan dari seluruh satuan kerja pengadilan bisa terjawab dengan cepat, hal ini juga sangat relevan di tengah merebaknya COVID 19 ini, sehingga kontak langsung antar manusia bisa dikurangi”, demikian pungkasnya. (13/04/2020)

covid 2

Layanan online yang disediakan PTSP dan Call Center Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama meliputi: a. Layanan Informasi Tenaga Teknis, merupakan layanan informasi terkait pengembangan dan pembinaan tenaga teknis peradilan agama, seperti informasi terkait promosi dan mutasi hakim dan panitera, kepangkatan, pencantuman gelar, pendidikan dan pelatihan, dan perizinan. b. Layanan Informasi Administrasi Peradilan, yaitu layanan seputar administrasi peradilan agama yang meliputi ketata laksanaan, penerapan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM), Penerapan Zona Integritas, legalisasi akta cerai, Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), E-Court, 11 Aplikasi unggulan Badilag, serta sistem informasi peradilan lainnya. Selain itu layanan ini juga meliputi data statistik perkara di peradilan agama dan termasuk permasalahan hisab dan rukyat serta perkara jinayat. c. Layanan Kesekretariatan, yaitu layanan seputar konsultasi anggaran, biaya mutasi, dan kegiatan non-teknis lainnya.

covid 3

PTSP Online dan Call Center tidak hanya berfungsi sebagai penyedia informasi, tapi juga menyediakan layanan konsultasi terkait penerapan kebijakan-kebijakan Mahkamah Agung yang sedang dijalankan, seperti mengenai penerapan Zona Integritas, Persoalan SIPP, dan penerapan E Court, instalasi dan penerapan aplikasi-aplikasi pendukung lainnya.

“Selama ini banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke Badilag mengenai berbagai macam hal mengenai penerapan program kerja dan kebijakan Badilag, saya ingin agar semua pertanyaan-pertanyaan tersebut masuk melalui satu pintu dan dikelola dengan baik dan dijawab dengan cepat, agar satuan kerja bisa mendapatkan kejelasan dan bisa bekerja dengan baik”, demikian arahan Dirjen Badilag kepada para pengelola dan petugas PTSP Online dan Badilag Call Center. (ahb)

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ende

Jl. Gatot Subroto, Km 04 Kelurahaan Mautapaga, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende - Flores, NTT

Telp: (0381) 21241/                      Fax: (0381) 22430
Website : pa-ende.net,              Webmail:Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.                        Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE

Info Perkara PA Ende

SIPP PA Ende

Jadwal Sidang PA Ende

 

TIM IT Pengadilan Agama Ende @2020

Dalam Mencegah Penyebaran Virus Covid 19 "Pengadilan Agama Ende" Membuka Layanan Konsultasi Via WA Yaitu Tanya Sartika, #PakaiMasker #JagaJarakAman #DiRumahAja