logo ok

on . Dilihat: 12

OL 3

Pemeriksaan saksi melalui teleconference, era baru persidangan di Pengadilan Agama Ende.
Dalam kondisi saat ini pelayanan kepada masyarakat memerlukan penanganan yang extraordinary, di samping memenuhi protokol penanganan Covid-19 juga kondisi masyarakat yang terkendala karena keterbatasan kemampuan antaranya masalah waktu dan biaya.
 
OL 1
 
Adalah pasangan PENGGUGAT dan TERGUGAT (nama disamarkan) telah mengajukan perkara Cerai Gugat, sementara saksi-saksi yang merupakan keluarga dan orang dekat Penggugat berdomisili di Sulawesi Selatan tidak sanggup hadir dalam persidangan Pengadilan Agama Ende karena terkendala situasi saat ini dan biaya yang besar. Atas saran Majelis dengan mengingat Perma Nomor 1 Tahun 2019 dan SEMA Nomor 1 Tahun 2020 maka ditetapkan untuk pemeriksaan saksi-saksi melalui media teleconference dengan mengadopsi prosedur e-litigasi.
OL 4 OL 5
OL 6 OL 7
Pengadilan Agama Ende melakukan pemeriksaan saksi-saksi melalui Teleconference yang berada di Pengadilan Agama Makassar Kelas IA, merupakan terobosan inovasi dalam pelaksanaan persidangan yang berasaskan cepat, mudah, biaya ringan hingga mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menghilangkan hambatan yang terjadi dengan tetap mengacu kepada norma-norma hukum yang berlaku.
Ketua Pengadilan Agama Ende, Drs. H. Mohammad Agus Sofwan Hadi menyatakan bahwa Pengadilan Agama Ende telah menyediakan sarana dan prasarana lengkap dengan audio visual untuk mendukung proses persidangan pemeriksaan saksi menggunakan teleconference. Pelaksanaan persidangan teleconference dalam sidang harus dengan izin hakim dengan alasan yang dapat diterima secara hukum. Saksi yang berhalangan hadir karena alasan hukum dapat hadir ke Pengadilan Agama domisili untuk dilakukan pemeriksaan melalui teleconference, sehingga masyarakat pencari keadilan sangat terbantu karena dapat menghadirkan saksi-saksi yg berada nun jauh di Sulawesi Selatan tanpa harus mengeluarkan biaya transportasi dan akomodasi.
Pada hari Senin, tanggal 16 November 2020, Majelis Hakim yang diketuai oleh Drs. H. Mohammad Agus Sofwan Hadi dengan Hakim Anggota H. Abdulloh Al Manan, Lc. dan Firdaus Fuad Helmy, S.H.I., M.H. serta Panitera Pengganti Markipial, S.Ag., M.H. melakukan pemeriksaan saksi-saksi atas perkara gugatan cerai Nomor 65/Pdt.G/2020/PA.Ed. dimana saksi-saksi tersebut berada dalam yurisdiksi Pengadilan Agama Makassar Kelas IA wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam Pemeriksaan saksi-saksi tersebut, Majelis Hakim melakukan pemeriksaan dengan mengajukan pertanyaan kepada saksi-saksi yang dihadirkan di Pengadilan Agama Makassar Kelas IA dengan didampingi Hakim dan Panitera setempat.

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ende

Jl. Gatot Subroto, Km 04 Kelurahaan Mautapaga, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende - Flores, NTT

Telp: (0381) 21241/                      Fax: (0381) 22430
Website : pa-ende.net,              Webmail:Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.                        Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE

Info Perkara PA Ende

SIPP PA Ende

Jadwal Sidang PA Ende

 

TIM IT Pengadilan Agama Ende @2020

Dalam Mencegah Penyebaran Virus Covid 19 "Pengadilan Agama Ende" Membuka Layanan Konsultasi Via WA Yaitu Tanya Sartika, #PakaiMasker #JagaJarakAman #DiRumahAja