header banner

Ditulis oleh Sarifudin Arba'a, S.Kom on . Dilihat: 568

Dasar Hukum Pembentukan Pengadilan Agama Ende

Pengadilan Agama Ende telah ada sejak tahun 1964. Dasar Hukum terbentuknya Pengadilan Agama Ende beserta wewenangnya adalah Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 1957 tentang Pembentukkan Pengadilan Agama / Mahkamah Syari’ah diluar Jawa dan Madura dan Penetapan Menteri Agama Nomor 5 Tahun 1958 tentang Pembentukkan Pengadilan Agama / Mahkamah Syari’ah di Sulawesi, Nusa Tenggara dan Irian Jaya.

Pada awalnya semua pengadilan Agama / Mahkamah Syari’ah yang berada di wilayah Nusa Tenggara di bawah wilayah yurisdiksi hukum Pengadilan Agama / Mahkamah Syari’ah Provinsi Surabaya dengan wilayah hukum meliput Indonesia Timur. Kemudian dengan terbitnya Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1958 tentang Pembentukan Pengadilan Tinggi Agama / Mahkamah Syari’ah Provinsi Ujung Pandang yang membawahi seluruh Pengadilan Agama / Mahkamah Syari’ah wilayah Indonesia Timur, maka sejak itu pula wilayah hukum pengadilan Agama / Mahkamah Syari’ah di Nusa Tenggara secara otomatis berada dalam wilayah yurisdiksi hukum Pengadilan Tinggi Agama / Mahkamah Syari’ah Provinsi Ujung Pandang. Bersamaan dengan itu terbentuk pula Mahkamah Syari’ah Nusa Tenggara yang salah satunya adalah Pengadilan Agama / Mahkamah Syari’ah Ende dengan wilayah yurisdiksi sedaratan Flores dengan ketua pertama Habib Saleh bin Abu Bakar Al Habsyi yang berkedudukan di Ende.

Adapun SK atau dasar Hukum Pembentukan Pengadilan Agama Ende dapat di lihat pada link di bawah ini:

Alamat Kami

Kantor Pa G Map

Kantor Pengadilan Agama Ende


 

Jln. Gatot Subroto, Km 04 Kelurahaan Mautapaga, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende - Flores, NTT

Telp: (0381) 21241/                      Fax: (0381) 22430
Website : pa-ende.net,              Webmail:Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.                        Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


 

Tautan Web PA

PA Kupang

PA Soe

PA Kefamenanu

PA Atambua

PA Waikabubak

PA Waingapu

PA Labuan Bajo

PA Ruteng

PA Bajawa

PA Ende

PA Maumere

PA Lewoleba

PA Kalabahi

PA Larantuka

Info Perkara PA

Selamat Datang di Pengadilan Agama Ende Anda Memasuki Kawasan Pembangunan Zona Integritas Menuju: Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani